Social Icons

Pages

Kamis, 20 April 2017

Manusia & Cinta Kasih



Manusia & Cinta Kasih



 Disusun Oleh :





Nama             : Suryo Ari Sasmito ( 17116204 )


Kelas              : 1KA24


Fak/Jur           : FIKTI / Sistem Informasi




Nama Dosen  : Dian Nur Indah, SIKOM

PENDAHULUAN
Latar Belakang
Cinta merupakan pengalaman yang sangat menarik yang pernah kita alami dalam hidup ini. Sangat disesali, orang pada umumnya masih bingung akan apakah cinta itu sesungguhnya. Kebingungan mereka semakin bertambah ketika dunia perfileman memperkenalkan arti cinta yang salah dimana penekanan akan cinta selalu dititik beratkan pada perasaan dan cerita romantika.
 Dari jaman dulu sampai sekarang hakikat cinta kasih masih menjadi perbincangan yang tidak dibatasi secara jelas dengan makna yang luas pula. Walaupun, sulit juga untuk diungkapkan dan diingkari bahwa cinta adalah salah satu kebutuhan hidup manusia yang cukup fundamental. Begitu fundamentalnya sampai-sampai membawa Khalil Gibran, seorang punjagga terkenal, berpendapat bahwa “Cinta hanyalah sebuah kemisterian”. Cinta sangat erat dalam kehidupan dan tidak bias di pisahkan dalam kehidupan. Tidak pernah selintas pun orang berpikir bahwa cinta itu tidak penting. Mereka haus akan cinta, mereka butuh akan cinta.
Kendati pun demikian, hampir setiap orang tidak pernah berpikir tentang apa dan bagaimana cinta itu. Padahal berpikir tentang apa dan bagaimana cinta itu,  cinta bisa diibaratkan sebagai suatu seni yang sebagaimana bentuk seni lainnya sangat memerlukan pengetahuan dan latihan untuk bisa menggapainya.
Begitupun dengan kasih sering sekali kita terkecoh bahkan sulit untuk membedakan cinta dan kasih itu sendiri. Oleh karena itu, penulis sangat tertarik mengambil judul makalah Manusia dan Cinta Kasih, agar dapat membantu kita semua untuk lepas dari ketidak jelasan Cinta Kasih yang selalu menjadi bahan perenungan, diskusi, cerita yang tidak pernah ada akhirnya.

Rumusan Masalah

  1. Pengertian cinta kasih 
  2. Unsur tentang cinta 
  3. Unsur dalam segitiga cinta 
  4. Tingkatan cinta 
  5. Bentuk atau macam – macam cinta 
  6. Ayat Al-Qur’an tentang cinta 
  7. Pengertian kasih sayang 
  8. Cinta kasih dari orang tua 
  9. Contoh tentang kasih sayang 
  10. Pengertian dan puisi kemesraan 
  11. Pengertian pemujaan 
  12. Pengertian dan Cara menumpahkan belas kasih 
  13. Pengertian cinta kasih erotis

Tujuan Penulisan

Penulisan ini dibuat Agar para pembaca serta penulis semakin mengetau dengan jelas tentang dari materi “ Manusia & Cinta Kasih “ serta mengajak para pembaca untuk ikut serta dalam pengalamalan dalam membangun konsep Manusia & Cinta Kasihnya sendiri sehingga mengurangi tingkat keresahan dalam hati.

PEMBAHASAN

PENGERTIAN CINTA KASIH

Cinta adalah perasaan yang lahir dari hati seseorang , timbul dengan sendirinya, tidak melihat waktu dan usia, suatu asa untuk ingin menyayangi dan memiliki, seperti perasaan cinta ibu kepada anak nya, perasaan cinta tuhan kepada umat nya yang bertaqwa. cinta yang tulus akan menimbulkan nilai2 kejiwaan yang selalu tulus dan berserah.

Definisi Cinta menurut W. J. S. Poerwadarminta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan definisi kasih menurut beliau adalah perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan.  Jadi kalau disimpulkan cinta kasih adalah perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.

Unsur Dalam Cinta
Pengertian tentang cinta dikemukakan juga oleh Dr Sarlito W. Sarwono dikatakan bahwa cinta memiliki tiga unsur yaitu :

  1. Keterikatan 
  2. Keintiman 
  3. Kemesraan 
Berikut penjelasannya:
1. keterikatan
    adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia, ada uang sedikit beli hadiah untuk dia 

2. keintiman


    adanya kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi panggilan formal seperti bapak, ibu saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan sayang dan sebagainya.makan sepiring berdua

3. kemesraan
    adanya rasa ingin membelai dan dibelai, rasa kangen rindu kalo jauh atau lama tak bertemu, adanya ungkapan ungkapan rasa sayang dan seterusnya.
tidak semua unsur cinta itu sama kuatnya. kadang kadang ada yang keterikatannya sangat kuat tetapi keintiman atau kemesraannya kurang, cinta seperti ini mengandung kesetiaan yg kuat dan kecemburuan yang besar, sehingga dirasakan oleh pasangannya sebagai dingin atau hambar karena tidak ada kehangatan yang ditimbulkan oleh kemesraan dan keintiman

Unsur Dalam Segitiga Cinta
Ada 3 unsur dalam cinta segitia yang harus kita ketahui. Yaitu :
1) Intimasi, Intimasi adalah aspek emosi dari cinta. Intimasi pada awal hubungan tumbuh dengan baik, tapi kalau tidak dirawat bisa menurun ke titik nol. Bila relasi dan komunikasi tidak bertumbuh dengan baik intimasi menjadi mati.

2) Passion atau gairah, Ini adalah sisi motivasi dari segitiga cinta itu. Sisi gairah ini punya peranan penting bagi perkembangan fisiologis dan keinginan yang kuat untuk bersatu dengan yang dicintai. Pada mulanya passion bertumbuh cepat dan sangat kuat, sampai tidak lama kemudian passion ini jadi kebiasaan. Passion punya segi motivasi yang berkekuatan positif. Inilah yang memikat anda kepada seseorang. Ini cepat berkembang dan bisa juga cepat mati. Sisi negatifnya adalah jika hubungan sudah saling menyakitkan maka daya tarik tadi lama kelamaan memudar.

3) Sisi komitmen, Ini merupakan sisi kognitif dari cinta. Komitmen adalah tekad untuk memelihara cinta. Komitmen ini bertumbuh mulai dari taraf nol saat pertama kali bertemu dengan yang dicintai, dan bertumbuh ketika semakin saling mengenal satu dengan lainnya. Kuncinya saling mengenal dan menghargai. Bila relasi melemah maka komitmen juga cenderung melemah.

Tingkatan Percintaan

Pada percintaan sendiri ternyata mempunyai 3 tingkatan, mungkin kita baru dengar ataupun baru tahu bahwa percintaan sendiri ternyata mempunyai tingkatannya,
Menurut pendapat dari Ibnu Al-Araby atau yang dikenal sebagai tokoh filosofi ilsam, membagi 3 tingkatan dalam percintaan, yaitu :
1. Cinta Natural, cinta ini bersifat subjektif, kita lebih mementingkan keuntungan diri sendiri. Contohnya, kita dapat mencintai seseorang karna dia telah menolong kita, berbuat baik pada kita. Seperti cintanya seekor kucing pada majikannya karna telah merawatnya.

2. Cinta Supranatural, Cinta ini brsifat objektif, tanpa pamrih. dimana kita akan mencintai seseorang dengan tulus tanpa mengharapkan timbal balik walau masih ada muatan subjektif. Contohnya seperti cintanya seorang ibu pada anaknya, ia rela berkorban apapun dan bagaimanapun caranya demi kebaikan anaknya walaupun tanpa ada balasan (rasa cinta) dari anaknya tersebut. Pada tingkat inilah kita akan mulai memahami pepatah yang menyabutkan “CINTA TAK HARUS MEMILIKI”

3. Cinta Ilahi, Inilah kesempurnaan dari rasa cinta. Kita tidak hanya akan mendahulukan kepentingan objek yand kita cintai,. Lebih dari itu, ketika kita telah mencapai tingkatan ini kita tidak akan lagi melihat diri kita sebagai sesuatu yang kita miliki, penyerahan secara penuh, sirnanya kepentingan pribadi. Kita merasa bahwa apapun yang kita miliki adalah milik objek yang kita cintai.

CINTA MENURUT AJARAN AGAMA
Berbagai Cinta Menurut Ajaran Agama
Ada yang berpendapat bahwa etika cinta dapat dipahami dengan mudah tanpa dikaitkan dengan agama. Tetapi dalam kenyataan hidup manusia masih mendambakan tegaknya cinta dalam kehidupan ini. Di satu pihak, cinta didengungkan dengan lagu dan organisasi perdamaian dunia, tetapi di pihak lain dalam praktek kehidupan cinta sebagai dasar kehidupan jauh dari kenyataan. Atas dasar ini, agama memberikan ajaran cinta kepada manusia.
Sehinga dari banyak hal yang dilalui tersebut timbul lah macam – macam cinta menurut ajaran agama. Yaitu :
1. Cinta Diri
Cinta diri erat kaitannya dengan menjaga diri. Manusia senang untuk tetap hidup,mengembangkan potensi dirinya,dan meng aktualisasikan dirinya dan ia pun mencintai  segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan pada dirinya. Sebaliknya ia membenci segala sesuatu yang menghalanginya untuk hidup. Berkembang,  mengaktualisasikan diri, mendatangkan rasa sakit,  penyakit dan mara bahaya. Al –Qur’an telah mengungkapkan cinta alamiah manusia  terhadap dirinya sendiri ini, kecenderungannya untuk  menuntut segala sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi dirinya, dan menghindari dari segala sesuatu yang membahayakan keselamatan dirinya, melalui ucapan Nabi Muhammad SAW, bahwa seandainya beliau mengetahui hal-hal gaib, tentu beliau akan memperbanyak hal-hal yang baik bagi dirinya dan menjauhkan dirinya dari segala keburukan.

2. Cinta Kepada Sesama Manusia
Pada cinta kepada sesame manusia ini bahwasannya agar manusia sendiri bisa dan da[at hidup dengan penuh keserasian dalam menjalankan hidup, keharmonisan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat dan manusia tidak boleh tidak membatasi cintanya pada diri sendiri dan egoismenya. Untuk tidak berlebih – lebihan dalam cintanya kepada dirinya sendiri dan melepaskan diri dari gejala – gejala itu adalah dengan melakukan iman, menegakkan sholat, memberikan zakat, bersedekah terhadap orang – orang miskin, dan menjauhi segala larangan Allah SWT.
Keimanan yang demikian ini akan bisa menyeimbangkan antara cintanya kepada diri sendiri dan cintanya kepada orang lain, dan dengan demikian bisa merelisasikan kebaikan individu dan masyarakat. Al – Qur’an juga menyeru kepada orang – orang yang beriman agar saling mencintai seperti cinta mereka pada diri mereka sendiri.

3. Cinta Seksual
Cinta erat kaitannya dengan  dorongan seksual. Sebab ialah yang bekerja dalam melestarikan kasih sayang, keserasian, dan kerjasama antar suami dan istri. Ia merupakan faktor yang primer bagi kelangsungan hidup keluarga
Dan diantara tanda-tanda kekuasanNya ialah Dia yang menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung, dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi yang berpikir.” (QS,Ar-Rum, 30:12)

4. Cinta Keibuan
Kasih sayang itu bersumber dari cinta keibuan, karna cinta keibuan ini yang palis asli dan terdapat pada diri seorang ibu terhadap anaknya sendiri karena ibu dan anak mempunyai ikatan fisiologi, sehingga seorang ibu akan memelihara anaknya dengan penuh hati – hati serta penuh keibuan dengan cinta kasih yang tanpa pamrih atau belaskasihan.
5.Cinta Kebapa’an
Perlu diingan bahwa cinta kebapaan ini bukan seperti pada cinta keibuan yang anak dengan ibunya terjalin hubungan fisiologi sehingga para ahli ilmu berpendapat bahwasannya ayah dengan anak nya ini memiliki ikatan psikis, nampak jelas dalam cinta ayah kepada anak – anaknya, karena mereka sumber kesenangan, kegembiraan, kekuatan, kebanggaan, dan merupakan faktor penting bagi kelangsungan peran seorah ayah dalam kehidupan dan akan selalu terkenang sampai dia meninggal dunia.
  “…Dan Nuh memanggil anaknya – sedang anak itu berada di trmpat yang jauh terpencil – : “Hai ..anakku naiklah (kekapal) bersama kami dan janganlah kamu berada bersama-sama orang-orang yang kafir.” (QS, Yusuf, 12:84)

6.Cinta Kepada ALLAH SWT
Merupakan puncak cinta manusia, yang paling jernih, spiritual dan yang dapat memberikan tingkat perasaan kasih sayang yang luhur, khususnya perasaan simpatik dan sosial. Cinta yang ikhlas seorang manusia kepada Allah akan membuat cinyta menjadi kekuatan pendorong yang mengarahkannya dalam kehidupan dan menundukkan semua bentuk cinta yang lain. Semua tingkah laku dan tindakannya ditujukan kepada Allah, mengharapkan penerimaan dan ridha-Nya.
“Katakanlah : “Jika kamu (benar-benar)mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah maha pengampun lagi maha penyayang” (QS Ali Imran, 3:31)

7.Cinta Kepada Rasul
Cinta kepada rasul, yang diutus Allah sebagai rahmah bagi seluruh alam semesta, menduduki peringkat kedua setelah cinta kepada Allah. Ini karena Rasul merupakan ideal sempurna bagi manusia baik dalam tingkah laku, moral, maupun berbagai sifat luhur lainnya.

Ayat – Ayat Al-Qur’an Tentang Cinta

  1. “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”. (Al-Fatihah: 1) 
  2. “Katakanlah (Wahai Rasulullah), Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu”. (Ali Imron: 31) 
  3. “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik”. (Ali Imron:14) 
  4. “Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu Yang menciptakan kamu dari satu jiwa dan darinya Dia menciptakan jodohnya, dan mengembang-biakan dari keduanya banyak laki-laki dan perempuan; dan bertakwalah kepada Allah swt. yang dengan nama-Nya kamu saling bertanya, terutama mengenai hubungan tali kekerabatan. Sesungguhnya Allah swt. adalah pengawas atas kamu”. (An Nisa: 1) 
  5. “Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir”. (Ar-Ruum: 21) 
  6. “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah Swt akan mengkayakan mereka. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui”. (An Nur: 32) 
  7. “Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah”. (Adz Dzariyaat: 49)
Kasih Sayang
Pengertian Kasih Sayang
Menurut W.J.S Poerwadaminta kasih sayang ini ialah sebuah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka pada seseorang. Pada saat berumah tangga perasaan kasih sayanglah yang menjadi kunci kebahagiaannya dan juga kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang sadar atau tidak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka,  sehingga keduannya merupakan suatu kesatuan yang utuh. Seorang remaja menjadi frustasi, morfinis, berandalan dan sebagainya itu disebabkan karena kekurangan perhatian dan kasih sayang dalam kehidupan keluarga.

Macam – Macam Cinta Kasih Orang Tua dan Contoh Kasih Sayang
  1. Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat pasif. 
  2. Orang tua bersifat pasif, si anak bersifat aktif. 
  3. Orang tua bersifat pasif, si anak bersifat pasif. 
  4. Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat aktif. 
Contoh – contoh tentang kasih sayang :
  1. Cinta kasih antar orang tua dan anak. Orang tua yang memperhatikan dan memenuhi kebutuhan anaknya, berarti mempunyai rasa cinta kasih terhadap anak.
  2. Cinta kasih antara pria dan wanita. Seseorang pria menaruh perhatian terhadap seorang gadis dengan perilaku baik, lemah lembut, sopan, berarti ia menaruh cinta kasih terhadap gadis itu.
  3. Cinta kasih antara manusia. Apabila seorang sahabat berkunjung ke rumah kawannya yang sedang sakit dan membawa obat kepadanya berarti bahwa sahabat itu menaruh cinta kasih terhadap kawannya yang sakit itu. 
  4. Cinta kasih antar manusia dan Tuhan. Bisa dikatakan cinta kasih kepada Tuhan berarti manusia tersebut menuruti perintah Tuhan, menjauhi larangan-Nya dan berusaha menjadi yang terbaik terhadapnya maka bisa dipastikan orang itu menaruh cinta kasih terhadap Tuhannya 
  5. Cinta kasih manusia terhadap lingkungan. Bisa diartikan layaknya seorang manusia memberikan benih cinta kasih kepada lingkungan di sekitar rumahnya maupun lingkungan tempat dia bermain, dimana pada lingkungan rumah biasanya berbaur dan saring mengobrol kan sesuatu, saling berbagi makanan dan  bersikap royal dan juga bisa menciptakan taman – taman yang indah di sekitar lingkungan rumah maupun tempat bermainnya. Maka bisa dipastikan orang itu menanam benih – benih cintah kasih terhadap lingkungan.
Kemesraan
Pengertian Kemesraan & Puisi
Berasal dari kata mesra yang berarti sangatlah erat hubungannya. Mesra juga dapat diartikan sebagai suatu proses hubungan yang erat. Secara istilah, kemesraan dapat diartikan sebagai suatu keadaan dimana kita memiliki hubungan yang sangat erat kepada seseorang, dan kita merasa sangat nyaman bila di dekatnya.
Puisi tentang Kemesraan :
KEMESRAAN

Janganlah kau berlalu.
Tinggalkan aku sepi sendiri.
Biarkan aku dama bersamanya.
Merasakan cinta sesungguhnya.

Kemesraan ...
Datanglah malam ini.
Kembali melepas rindu.
Satukan asaku asanya.
Bercerita tentang cinta.

Kemesraan ...
kutulis puisi ini.
Kupersembahkan padamu.
Walau tak indah syair puisiku.
Inilah gubahan hatiku mengingatkan padamu.
Jangan lupakan aku.

Akankah tercipta kembali.
Kemesraan kita ...
Kebersamaan kita ...
Hari seindah dulu ...
Tiada nama seharum namamu kau adalah tahta hatiku.

Pemujaan
Pengertian Pemujaan
Pemujaan adalah dimana kita memuja atau mengagungkan sesuatu yang kita senangi.Pemujaan dapat dilakukan dalam berbagai aspek seperti memuja pada leluhur,memuja pada agama tertentu dan kepercayan yang ada.seperti Pemujaan pada leluhur adalah suatu kepercayaa bahwa para leluhur yang telah meninggal masih memiliki kemampuan untuk ikut mempengaruhi keberuntungan orang yang masih hidup. Dalam beberapa budaya Timur, dan tradisi penduduk asli Amerika, tujuan pemujaan leluhur adalah untuk menjamin kebaikan leluhur dan sifat baik pada orang hidup, dan kadang-kadang untuk meminta suatu tuntunan atau bantuan dari leluhur. Fungsi sosial dari pemujaan leluhur adalah untuk meningkatkan nilai-nilai kekeluargaan, seperti bakti pada orang tua, kesetiaan keluarga, serta keberlangsungan garis keturunan keluarga.

Belas Kasihan
Pengertian Belas Kasihan
welas asih, atau kepedulian adalah emosi manusia yang muncul akibat penderitaan orang lain. Lebih kuat daripada empati, perasaan ini biasanya memunculkan usaha mengurangi penderitaan orang lain

Cara Menumpahkan Belas Kasih
Menurut saya ada banyak cara untuk menumpahkan belas kasih kita kepada orang lain atau orang yang membutuhkan, belaskasih juga dapat dalam bentuk materi dan non materi. Orang yang kita dapat belas kasihi ialah seperti Yatim piatu, orang – orang jompo yang tidak mempunyai ahli waris, pengemis yang benar – benar sudah tidak bisa bekerja, orang sakit, orang cacat dan sebagainya. Intinya belas kasih memiliki definisi dan penerapan yang luas, sekarang tinggal kita yang mengamalkan dari sebuah kata belas kasih itu.

Cinta Kasih Erotis
Pengertian Cinta Kasih Erotis
Cinta erotis adalah kehausan akan penyatuan sempurna akan penyatuan dengan yang lainnya. Keinginan untuk bersatu dan berteman dengan lawan jenis, untuk menghilangkan sepi atau untuk menenangkan suatu naluri seksual. Cinta kasih dapat merangsang keinginan untuk bersatu secara seksual. Namun apabila penyatuan fisis tadi tidak dilandasi oleh cinta kasih maka hanya akan membawa pada penyatuan yang bersifat pesta pora dan sementara saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates