Social Icons

Pages

Sabtu, 23 Maret 2019

Denifinisi Animasi & Desain Grafis Beserta Contoh Aplikasinya




Nama  : Suryo Ari Sasmito

Kelas  : 3KA29

Fak/Jur : FIKTI/SISTEM-INFORMASI


Definisi Animasi

Apa itu animasi? Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.

Animasi berasal dari bahasa inggris yaitu animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan mengerakan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya objek mati, kemudian disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup. Di dalam animasi ada dua objek penting, yaitu objek atau gambar dan alur gerak.

Animasi secara umum dapat dikatakan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu (timeline) tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak.
Prinsip dasar animasi ditemukan dari karakter mata manusia yaitu : persistance of vision (pola penglihatan yang teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, dengan alat optik yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai sebuah pola.

Definisi Desain Grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.



Software Desain Grafis

Corel Draw



Bagi para desainer, Corel Draw merupakan sebuah software desain grafis penting yang harus dimiliki. Software buatan Corel ini sendiri memiliki kegunaan untuk mengolah gambar berbasis vektor.

          

Adobe Photoshop



Sebenarnya Adobe Photoshop lebih kepada sebuah software untuk pengeditan foto atau gambar karena memiliki fitur-fitur khusus seperti efek filter. Namun tidak sedikit pula software garapan Aobe ini diandalkan untuk kebutuhan desain grafis, misalnya seperti pembuatan banner, stiker, logo, dan masih banyak lagi.

Adobe Illustrator



Serupa dengan Corel Draw, software desain grafis yang masih sesaudara dengan Photoshop ini juga memiliki kemampuan yang handal dalam mengolah gambar berjenis vektor, seperti pembuatan logo perusahaan, desain kaos, kartun, dan masih banyak lagi. 

Adobe InDesign



Jika ingin membuat sebuah majalah, brosur, poster, ataupun buku? Nah, Adobe InDesign memiliki kemampuan untuk membantu kita dalam menciptakan hal tersebut. Seperti yang kita tahu, hampir semua software buatan Adobe memiliki fungsi yang canggih. Begitu juga dengan Adobe InDesign, kamu tentu tidak perlu meragukan lagi fitur-fiturnya.

Dengan fungsinya yang sangat berguna untuk perusahaan dalam pembuatan majalah, koran, dan buku. Maka tidak heran jika software desain grafis terbaik yang satu ini menjadi andalan bagi para perusahaan untuk menciptakan layout media cetak.


Inkscape



Jika dilihat dari segi fungsinya, Inkscape bisa digolongkan seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, dan software berbasis olah digital vektor lainnya. Selain mudah digunakan, software yang satu ini juga bersifat Open-Source.




Software Desain Animasi

Blender ( Linux, MacOS, Windows )



Blender merupakan aplikasi pembuat animasi 3D yang bersifat open source, sehingga kamu bisa menggunakannya dengan gratis.

Dengan Blender, kamu dapat membuat animasi 3D, objek-objek 3D, hingga mengedit video.
Walaupun open source dan dapat digunakan gratis, Blender ini sudah banyak digunakan oleh animator profesional dan studio animasi


Synfig Studio ( Linux, MacOS, Windows )



Synfig Studio tersedia dalam dua varian, yaitu versi stabil dan versi pengembangan. Jika kamu menggunakan Synfig Untuk membuat proyek animasi yang serius, maka saya sarankan untuk menggunakan Synfig Studio versi stabil.

Tapi jika kamu adalah orang-orang yang selalu ingin mencoba fitur terbaru, maka versi pengembangan boleh kamu gunakan.

Anime Studio



Anime itu merupakan sebuatan dari  animasi yang berasal dari jepang. Jika kita menyukai animasi jepang seperti Naruto, Conan, One Peace, mungkin kita tidak terasa asing dengan kata anime. Apakah film animasi diatas dibuat dengan aplikasi ini, setahu saya tidak. Tapi jika anda ingin mencoba aplikasi ini tidak masalah, aplikasi ini tergolong ringan dan lumayan lengkap, serta sudah mendukung fitur bone seperti aplikasi lain di atas.

Aurora 3D animation Maker



Aurora 3D Animation Maker merupakan sebuat software image design yang berguna untuk membuat Text, Icon dan Logo animasi 3 Dimensi.

Sofware animasi 3D ini memiliki banyak kelebihan  kemudahan kepada penggunanya dalam menciptakan animasi 3D karya sendiri. Didukung dengan berbagai fitur yang menarik yang tidak dimiliki oleh program sejenis lainnya.

Pivot Animator



Pivot Stickfigure adalah sebuah aplikasi sederhana yang digunakan untuk membuat animasi. namun animasi yang di tapilkan dalam bentuk 2D. bentuk animasinya pun hanya berupa garis dan lingkaran. Selain penggunaannya yang mudah Pivot Stickfigure Animation juga memiliki ukuran yang kecil. sehingga mampu diginakan di PC manapun.

selanjutnya menjelaskan atau memberikan sebuah contoh dari pemakaian salah satu aplikasi dari desain grafis dan desain animasi dengan media video

Video Pembuatan Logo Desain Grafis Menggunakan CorelDraw



Video Pembuatan Desain Animasi Menggunakan Blender




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates